Bebicara tentang music dan technology memang tidak ada habisnya. Selalu ada inovasi, improvisasi yang selama ini jarang kita temui. Dalam blog ini, banyak hal yang baru yang selama ini jarang ditemui. Bila Anda penasaran, jangan lewatkan setiap postingan dalam blog ini. Saya selalu menawarkan hal-hal yang baru seputar music dan technology.

Bagaimana Cracker/Hacker Menjalankan Aksinya?

Edo Wayne Filed Under: Label:


Judul diatas adalah sebuah pertanyaan umum yang biasa terlintas dibenak Anda sehubungan semakin banyaknya para programmer usil dalam mengutak-atik database orang lain, lebaga pemerintahan, hingga organisasi penelitian technology informasi di dunia.
Pemprograman computer dalam setiap aksi hacking maupun cracking pada dasarnya menggunakan prinsip logika sebab akibat. Ilustrasinya begini, ”Jika Saya melakukan ‘ini’ pada program tersebut maka akan mengakibatkan ‘ini’.”.
Perintah logika programming sederhana yang mengikuti pola piker dan naluri alami manusia ini kemudian dikembangkan dengan perintah lain yang mengganas, yaitu, “apa, bagaimana, kapan, dan dimana”. Keempat perintah inilah yang membuat suatu script atau program yang berjalan powerfull.
Berikut adalah contoh proses yang dilakukan cracker menerobos keamanan sebuah web server.

Pertama, “nslookup” menjadi pilihan utama dalam menjalankan perintah ‘Is’. Kedua, melihat isi file html dan document FTP di webserver. Ketiga, menghubungkan diri dengan mail server dengan perintah ‘expn’. Disini cracker akan mengidentifikasikan komponen jaringan apa saja yang dipercaya oleh system computer administrator sasarannya. Dalam hal ini computer administrator dan server yang biasanya paling aman. Aksi berikutnya, cracker akan melakukan pengecekan akses dan eksport NFS ke direktori kritis seperti /usr/bin,/etc dan /home.
Selanjutnya, sang cracker akan melakukan scanning wilayah kritis yang biasa ditembus dengan program ‘mscan’, ‘ADMHack’, atau lainnya. Kemudian proses scanning ini akan disembunyikan jejaknya oleh Trojan menggunakan ‘ps’ & ‘netstat’. Setelah proses panjang berikutnya, cracker akan tiba di ‘root’ server (Server administrator level tertinggi).
Disini, sang cracker bebas berkelanan melancarkan aksinya. Seluruh informasi penting bisa diambil mereka, melompat dari satu mesin ke mesin lain dalam jaringan, mencatat traffict, hingga mematikan system jaringan dengan perintah ‘rm –rt/&’ yang akan berakibat fatal, computer dalam seluruh jaringan harus diinstall ulang.
Solusi satu-satunya mencegah aksi terakhir tadi adalah admin suatu jaringan wajib rutin membackup data, bila perlu setiap hari, terutama pada jaringan data nasional yang berhubungan dengan keamanan dan keuangan suatu Negara.


edit post

0 Responses to "Bagaimana Cracker/Hacker Menjalankan Aksinya?"

Posting Komentar