Bebicara tentang music dan technology memang tidak ada habisnya. Selalu ada inovasi, improvisasi yang selama ini jarang kita temui. Dalam blog ini, banyak hal yang baru yang selama ini jarang ditemui. Bila Anda penasaran, jangan lewatkan setiap postingan dalam blog ini. Saya selalu menawarkan hal-hal yang baru seputar music dan technology.

Apa dan Jenis – Jenis Firewall

Edo Wayne Filed Under: Label:


Pengertian

Firewall atau tembok api adalah sebuah system atau perangkat yang mengizinkan traffic jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah traffic jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diterapkan dalam sebuah mesin tededikasi yang berjalan pada gateway antara jaringan local dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siap saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah lazim yang menunjun pada system yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke internet dan juga tentu saja jaringn berbadan hukum didalamnya, maka perlindungan terhadap modal digital perusahaan tersebut dari serangan para peretas menjadi sangat penting diperlukan.


Jenis Firewall:

Personal Firewall: Didesain untuk melindungi sebuah computer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. Fireall jenis ini akhir-akhir ini berevolusi menjadi sebuah kumpulan program yang bertujuan untuk mengamankan computer secara total, dengan ditambahkan beberapa fitur pengaman tambahan semacam anti-virus, anti-spyware, anti-spam, dan lainnya. Bahkan beberapa produk firewall lainnya dilengkapi dengan fungsi pendeteksian gangguan keamanan (Intrusion Detection System). Contoh firewall jenis ini adalah Microsoft Windows Firewall (Yang telah terintegrasi dengan OS Windows XP SP2 dan SP3, Windows Vista, dan Windows Server SP1), Symantec Norton Personal Firewall, dan lain-lain. Secara umum, Personal Firewall memiliki dua fitur utama, yakni Packet Filter Firewall dan Stateful Firewall.

Network Firewall: Didesain untuk melindungi jaringan secara kese uruhan dari berbagai serangan. Umumnya dijumpai dalam dua bentuk, yakni sebuah perangkat terdedikasi atau sebuah software yang diinstallasikan dalam sebuah server. Contoh firewall jenis ini adalah Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco PIX ASA, IPTables dalam OS GNU/LINUX, pf dalam keluarga OS Unix BSD, serta SunScreen dari Sun Microsystens Inc. yang dibundel dalam OS Solaris. Network Firewall secara umum memiliki beberapa fitur utama, yakni apa yang dimiliki oleh Personal Firewall (Packet Filter Firewall dan Stateful Firewall), Circuit Level gateway, Application Level Gateway, dan juga NAT Firewall. Network Firewall umumnya bersifat transparan/tidak terlihat dari pengguna dan menggunkan technology routing untuk menentukan paket mana yang diizinkan, dan paket mana yang ditolak.



edit post

0 Responses to "Apa dan Jenis – Jenis Firewall"

Posting Komentar