Bebicara tentang music dan technology memang tidak ada habisnya. Selalu ada inovasi, improvisasi yang selama ini jarang kita temui. Dalam blog ini, banyak hal yang baru yang selama ini jarang ditemui. Bila Anda penasaran, jangan lewatkan setiap postingan dalam blog ini. Saya selalu menawarkan hal-hal yang baru seputar music dan technology.

Kesalahan Security yang Harus Dihindarkan

Edo Wayne Filed Under: Label:


Beikut adalah daftar kesalahan yang terjadi di sekitar kita. Tidak hanya sering terjadi, tapi juga pada dasarnya merupakan kesalahan yang sangat kecil dan sederhana. Selain itu juga mendasar dan sudah saatnya bagi kita untuk menghentikan kebiasaan buruk ini lagi agar keamanan kita di dunia maya tetap terjaga.

• Mengirim Data Penting Lewat E-mail yang Tidak Dienkripsi
Jangan mengirim password, PIN, dan data account lewat e-mail yang tidak di enkripsi.

• Menggunakan Pertanyaan Security yang Mudah Ditebak
Nomor jaminan social, nnama gadis ibu kandung, nama hewan peliharaan, dan tanggal lahir bukan merupakan cara yang aman dalam memverifikasi identitas. Jika untuk mendapatkan word user harus menjawab pertanyaan itu sebagai cara untuk mereset password ulang.



• Memberlakukan Restriksi Password yang Terlalu Kaku
Beberapa system memperbolehkan Anda mengatur keungan Anda (Internet Banking) meberlakukan restriksi password yang malah membuat system kurang aman. Kita tidak dperbolehkan menggunakan password lebih dari 6 karakte, tidak berisi huruf atau karakter khusus (?&%#@+=!, dan seterusnya). Itu bisa dipahami mengapa pemuat situs melakukan hal itu. Bisa saja pembuat situs tidak tahu bagaimana menulis kode untuk menangani password yang terdiri atas alpanumerik.

• Mengirim Security ke Vendor
Jika anda me punyai pengalaman baik dengan menyerahkan security ke suatu vendor, bisa memungkinkan ke depannya anda dapat service yang baik dari vendor tersebut. Selain itu, untuk merebut pasar dan mencari profit, tentunya harus meningkatkan service dan security produknya.

• Mengganggap Remeh Akan Keahlian Security
Suatu perusahan sering kali tidak mengerti perlunya keahlian security tertentu.

• Mengganggap Remeh Pentingnya Review
Peninjauan merupakan sesuatu hal yang mutlak dilakukan untuk mendapatkan kepastian keamanan, dan tidak ada yang bisa dianggap aman tanpa melalui pengetesan oleh ahli security yang mengembangjan security tersebut.

• Identitas yang Mudah Dipalsukan
Seringkali kita mengirim kartu ID melalui faks, fotocopy atau scan. Sebenarnya hal seperti tanda tangan dan kartu ID merupakan cara untuk verifikasi. Usahakan sebaik-baiknya copyan kita cukup baik agar tidak dikenali sebagai copyan.

• Membuat yang Tidak Perlu
Seringkali sebuah software baru tidak di review. Padahal tidak ada yang baru di software tersebut. Hal ini mengakibatkan konsumen mengganti software yang lama dengan yang baru itu.

• Melonggarkan Security karena Perasaan
Ini merupakan kesalahan yang tidak masuk akal dan sulit dijelaskan. Orang seringkali menyerahkan kunci ke wilayah pribadi kepada orang yang datng dan berkata “Percayalah Saya orang yang ahli”. Jadi, jangan serahkan pengaturan security Anda ke pihak ketiga. Memang, Anda mungkin tidak bisa membuat program atau policy security yang bagus, tapi itu bukan berarti program atau policy security tidak memberikan kita control dalam mengatur ecurity kita sendiri.


edit post

0 Responses to "Kesalahan Security yang Harus Dihindarkan"

Posting Komentar